Posted by : Unknown Sabtu, 21 November 2015




Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai.., kali ini saya  akan berbagi informasi mengenai kabel UTP, Apa itu kabel UTP?
langsung saja baca artikel dibawah ini yuk :D
 Pengertian kabel UTP atau kepanjangan dari  Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP merupakan kabel jaringan yang terdiri dari delapan buah pin kabel yang dipilin menjadi satu dan setiap pin kabel mempunyai warna yang berbeda - beda. kabel UTP biasanya dipasang dengan konektor RJ-45 yang akan dihubungkan ke LAN Card atau perangkat jaringan yang mempunyai port RJ-45.
 Pada kabel UTP dikenal dengan standart pengurutan kabel yang digunakan untuk men-standartkan urutan pemasangan kabel. Ada 2 standart yang digunakan untuk pengurutan warna pada kabel UTP yaitu EIA/TIA 568A/568B dan AT&T 258A.
     Berikut urutan warna pada masing-masing standarisasi.

 - Standar EIA/TIA 568A/568B
Putih Hijau
Hijau Putih
Orange Biru
Putih Biru
Orange
Putih Coklat
Coklat

 -Standar AT&T 258A 
 Putih Orange
 Orange
 Putuh Hijau
 Biru
 Putih Biru
Hijau
Putih Coklat
Coklat

 Untuk pemasangan kabel UTP tergantung dari perangkat yang akan dihubungkan, yaitu Straight atau Crossover. Jenis Straight digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda (contoh: Swith dengan komputer) sedangkan Crossover untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama (Contoh: komputer dengan komputer) semoga artikel ini dapat bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ichiko - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -